Pemograman: Belajar Processing Bagian 2

Haloo.. Selamat datang di A.R.T, masih di belajar tentang pemograman dengan processing kali ini kita belajar, beberapa simple source code di processing yang bisa digunakan sebagai dasar pemahaman tentang processing. bagi yang belum belajar di bagian pertama, dan belum mengerti sama sekali tentang instalasi processing, bisa membaca dulu artikel saya sebelumnya di Pemograman: Belajar Processing

oke, mari kita mulai dengan simple source code di processing. pada dasarnya di processing kita bisa mengatur screen resolution pada sketch yang nantinya akan dirender, kita bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan dan desain aplikasi yang ingin dibuat. misal kita ingin membuat screen resolusi seluas 480x120 maka yang kita lakukan adalah, mengCoding source codenya di sketch seperti ini:
size(480, 120);
nah sekarang, coba anda klik tombol play maka dia akan membentuk screen resolution sebesar 480x120 seperti gambar dibawah ini: 


selanjutnya, jika kita membuat gambar, pasti kita akan awali dengan tanda "titik". dari tanda titik tersebut, kita bisa merangkai dan mendesain semua gambar yang kita inginkan. bahkan menurut kepercayaan orang sufi islam, bahwa seluruh yang ada didunia ini berawal dari tanda titik yang dibuat Tuhan.  seperti misalnya kita ingin membuat bentuk segitiga, maka kita akan awali dengan tanda titik atau point untuk melakukan projeksi terhadap gambarnya. misal seperti gambar dibawah ini:


bisa dilihat dari gambar diatas, ada tanda point atau titik yuang digunakan untuk menyatukan satu gambar ke gambar lainnya. nah konsep dari processing adalah seperti itu, untuk membuat gambar atau melakukan manipulasi gambar dari satu pixel ke pixel lainnya, kita membutuhkan script bernama Point

Point di processing akan mendefinisikan X-Coordinate yang akan diikuti oleh Y-Coordinate. intinya kita bisa mengatur dimana letak posisi point itu akan ditaruh atau ditempatkan di sketch processing kita. sebagai contoh, misal kita ingin menempatkan Point di tengah sketch, maka yang harus kita lakukan adalah, menSetting Point koordinat X dan Y point tersebut. sekarang, coba anda jalankan source berikut:
size(480, 120); 
point(240, 60);


coba anda klik play, dan perhatikan baik-baik di tengah sketch akan ada titik kecil, benar? itulah Point. dari titik tersebut kita bisa menggambar image yang kita inginkan di processing.



ok, sekarang kita sudah belajar basic processing, sekarang saatnya kita coba berexperimen dengan beberapa gambar dengan processing. mulai dengan menggambar garis panjang denga processing, anda bisa gunakan parameter line untuk melakukannya. silahkan anda jalankan source code dibawah ini:

size(480, 120); 
line(20, 50, 420, 110);


darimana saya mendapatkan ukuran line tersebut? anda bisa menggunakan parameter line dibawah ini, dari situ anda bisa mengatur koordinat X dan Y, kemudian mengaplikasikannya di processing. 



mau coba yang lain?, oke kita coba membuat segitiga dengan processing, kita akan gunakan parameter triangle di processing. silahkan jalankan kode dibawah ini:
size(480, 120); 
triangle(90, 50, 30, 5, 6, 70);



nah begitu seterusnya, sekarang untuk latihan, silahkan anda kerjakan parameter basic shapes dibawah ini. saya sudah menyiapkan parameter koordinatnya, silahkan anda bereksperimen dengan processing, jika anda berhasil, maka anda sudah mengerti konsep processing, dan kita siap melanjutkan ke tutorial bagian ke-3


selamat bereksperimen dengan matematikan dan processing (^0^). semoga berhasil guys, dan sampai ketemu di Belajar Processing Bagian 3. kita akan mencoba eksperimen yang lebih kompleks lagi. ciaooo..


Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar