Tutorial ARToolkit Part 2: Testing Simplevrml.exe dan Membuat Marker


 




Assalamualaikum Wr.Wb

Setelah Sebelumnya kita Belajar Simpletest.exe di Tutorial  maka kali ini kita akan mencoba melakukan testing di simplevrml.exe dan juga kita akan belajar membuat marker dengan Adobe Photoshop dan mkpatt.exe .. selamat mengikuti tutorialnya.

1. Tutorial Testing Simplevrml.exe
  • Buka folder ://ARToolkit/Bin kemudian jalankan simpleVRML.exe
  • Arahkan Marker Hiro dan Kanji ke Kamera, apakah hasilnya?
2. Membuat Marker dengan Photoshop
Pada Sub-Tutorial kedua ini kita akan belajar membuat Marker dengan Adobe Photoshop. secara khusus saya membuatnya dengan Adobe Photoshop 8. jika anda menggunakan Adobe Photoshop versi dibawahnya atau diatasnya, silahkan saja. karena tehniknya sama saja. 
  • Buka Adobe Photoshop anda
  • Klik File > New  .. Kemudian atur Ukuran Layer 679x693
Gambar1. Layer
  •  Arahkan Mouse ke Pojok Kiri Bawah, maka anda akan melihat menu Layer. ketemu?
  • Jika ketemu menu layer, klik kanan layer background kemudian pilih duplicate.
Gambar 2. Duplicate Layer


  • Ganti nama layer duplicate dengan nama marker 
Gambar 3. Duplicate Layer Menu



  • Sekarang, di layer marker kita akan membuat Bingkai Hitam Marker. Klik kanan layer marker, lalu pilih blending options.  
Gambar 4. Blending Options
  • Checklist Stroke > Beri Warna Hitam > Pilih Posisi Inside > Beri Ketebalan Size sebesar 109Px  > Klik Ok > Selesai
Gambar 5. Stroke Properties
  • Jika anda berhasil maka, anda akan mendapatkan bentuk seperti ini:
Gambar 6. Contoh Marker
  • Sekarang kita tinggal menambahkan polanya. klik menu pen tool

Gambar 7. Pen Tool

  • Selanjutnya Kita klik tombol Shape
Gambar 8. Shape Tool

  •  sekarang, klik tombol Costum Shape Tool, dan pilih Pola yang Kamu Sukai
Gambar 9. Costum Shape Tool
  • jangan lupa di ganti warnanya menjadi Hitam, kemudian Gambar di Layer Marker
Gambar 10. Pola Marker
  •  Sebelum marker dicetak, simpan dulu marker dalam format JPG atau PNG. silahkan klik File > Save > kemudian pilih format gambar, misal PNG
Gambar 11. Save As
  • Supaya mudah mencetak markernya, silahkan insert gambar di microsoft word, lalu sedikit kecilkan seperti marker ukuran biasa. 
Gambar 12. Word

  •  Sekarang Cetak Marker Via Printer Anda. 

2. Mengimport Marker ke Mkpatt.exe
Saya berasumsi, marker yang anda buat sebelumnya sudah dicetak di printer. sekarang saatnya kita import ke ARToolkit agar dapat dibaca dan dikenali sebagai marker AR. tapi sebelumnya kita bahas dulu, apa itu marker dan kenapa kita perlu marker di AR?

Secara ilmiah saya tidak dapat menjelaskan marker itu seperti apa prosesnya, yang jelas secara umum marker itu adalah penanda AR kita. nantinya dari kamera akan membaca pola marker kemudian dia membandingkan pola marker yang physical (marker kertas kita) ke pola database marker yang ada di ARToolkit.

Jika marker physical dan marker didatabase polanya sama, maka ARToolkit akan merender objek 3D yang akhirnya muncul diatas marker kita, saat disorot. seperti itu bahasa umumnya.

sekarang masalahnya, bagaimana kita mengeksport marker fisik kita ke ARToolkit?. gampang, anda bisa gunakan program mkpatt.exe yang sudah satu pake oleh ARToolkit, ikuti tutorialnya.
  • Buka Folder ://ARToolkit/Bin .. Kemudian jalankan mkpatt.exe
  • Arahkan marker fisik kita ke kamera
  • Jika ada garis merah dan hijau di sekeliling bingkai marker fisik kita, tandanya marker kita terbaca. sekarang tinggal capture, dengan cara klik di layar kamera mkpatt.exe
Gambar 1. MkPatt.exe Capture

  • Nah jika selesai, coba anda perhatikan di belakang layar kamera mkpatt.exe ada command prompt menu mkpatt.exe .. silahkan dibuka kemudian beri nama marker anda dengan format patt.nama_marker contoh patt.tribal kemudian tekan enter


Gambar 2. Pemberian Nama Marker

  • Selanjutnya untuk melihat apakah marker tersimpan ke ARToolkit, coba cek folder ARToolkit/Bin .. dan cari nama marker anda.
Gambar 3. Marker Telah Tersimpan
  • sekarang copy patt.marker_anda ke dalam folder ARToolkit/Data
  • nah untuk mengetest marker anda jalan atau tidak, didalam folder ARToolkit/Data ada file dengan nama object_data_vrml. anda bisa membukanya dengan Notepad++ atau Wordpad. 
  • Setelah dibuka, ganti tulisan Data/patt.hiro  menjadi Data/patt.nama_marker, misalkan menjadi Data/patt.tribal. kemudian klik file > Save
    Gambar 4. Edit Marker
    • terakhir, untuk melakukan uji coba, buka simplevrml.exe dan lihat hasilnya. 



    • Selesai, Selamat Mencoba Semoga Berhasil. Kita ketemu lagi nanti di tutorial bagaimana membuat dan memakai objek sendiri di ARToolkit. See Ya..

    List Tutorial:

        Lebih baru Terlama

        Related Posts

        There is no other posts in this category.

        Posting Komentar